Sabtu, 04 April 2020

(Resume 4) Menulis Buku


Resume Keempat

Nara Sumber: Sri Sugiastuti
Host : Wijaya Kusuma

Menulis Buku Mandiri



Menulis buku ada yang ditulis secara mandiri dan buku antologi jadi hanya cukup kontribusi satu artikel atau satu naskah lalu dibuat jadi satu buku.
Banyaknya halaman pada karya buku yang kita tulis dan dibutuhkan untuk penilaian angka kredit minimal itu enam puluh halaman. Tetapi kalau untuk kebutuhan lain seperti buku kumpulan puisi dan bukan untuk dinilai kurang dari enam puluh halaman pun tidak masalah sedangkan kalau buku buku lain seberapa standarnya itu sesuai apa yang ingin kita tulis. Misalnya buku itu tuntas seratus halaman ya kita sampaikan seratus halaman tapi kalau kita anggap misalnya sudah cukup dari kerangka  buku itu misalnya ada tujuh belas sub judul atau hanya sebelas tapi artikelnya itu memiliki karakter lebih dari seribu lima ratus.


Supaya semangat itu tetap terjaga yaitu bapak harus berkumpul dengan orang yang memiliki satu passion misalnya Om Jay dan kawan kawan dengan saya dengan temen temen yang suka menulis insya allah kalau kita ada di lingkungan itu  semangat kita akan tetap terjaga apalagi bisa saling mengingatkan atau pamer tapi dalam tanda kutip bukan ria, misalnya sudah menulis apa dan bagaimana terus juga harus punya target menulis.

Nara sumber pernah mengalami diminta untuk membuat buku ajar bahasa inggris itu yang secara mayor pendalaman materi yang bekerja sama dengan editor di situ sudah ditentukan plotnya apa yang harus  kita tulis dan memang tidak boleh sama sekali, baik itu berupa latihannya kecuali kalau misalnya materinya juga pun harus kita gunakan dengan bahasa kita sendiri untuk memperkaya itu semua agar tulisan atau buku ajar kita itu bisa dikawal sampai selesai. Kita  harus siapkan referensinya, ketika sudah punya outline atau kerangka tulisan misalnya bab satu tentang apa terus judulnya apa ada beberapa bab. Kita kumpulkan semua buku buku referensi penunjangnya juga bisa googling dengan kata kunci buku yang ingin kita buat itu temanya apa saja , kita kumpulkan insyaallah berbekal dengan referensi mau membaca, buat dulu kerangkanya baru satu per satu.
Saran dari Nara sumber ini bisa dipertimbangkan dan saat menulis buku ajar kita juga harus kuasai dan harus tau segmen pasar atau pembacanya itu siapa.


Dirangkum dari diskusi via Voice Note WA
oleh NUR 'AINI KOSIM
SDN KEBON MELATI 01
JAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETUNJUK PENGERJAAN SOAL UJIAN

Contoh Petunjuk Umum Pengerjaan SOAL UJIAN Sebelum mengerjakan soal  ujian, sebaiknya siswa membaca petunjuk pengerjaan soal ujian agar sela...