Senin, 30 Maret 2020

Ketoprak



Menulis tiga paragraf,  bagian keempat.


Ketoprak

Mendengar kata ketoprak, pasti langsung terbersit aroma yang khas bumbu kacang dan bawang putih serta rasa pedas sesuai selera. Toge, bihun dan lontong yang disiram bumbu kacang beserta taburan bawang goreng dan kriuknya kerupuk. Wuiiih, menggugah selera dan nafsu makan apalagi bagi yang sedang lapar, sebelum olahan ketoprak disajikan udah meneteskan air liur yang membayangkan betapa nikmat dan gurihnya makan ketoprak saat itu. Ketoprak  salah satu makanan pilihanku saat lapar bosan dengan menu rumahan.

Waktu aku kecil, Bapakku tiap malam pasti beli ketoprak tanpa lontong yang mangkal dekat rumah. Satu piring bisa dikonsumsi bersama – sama dimakan dengan nasi. Sekedar mencicipi rasa bumbunya yang khas saja udah puas rasanya. Sampai aku dewasa, Si penjual ketoprak yang sudah berumur itu masih berjualan namun kini mangkalnya sudah jauh dari rumahku, ya di pasar  tradisional. Kadang saat rindu dengan rasanya yang khas dan enak, dengan penuh semangat  dan sambil membayangkan rasa dan aromanya aku pun tidak ragu untuk melangkah ke pasar hanya demi ketoprak langganan keluargaku, padahal di sekitar dan di sepanjang jalan menuju pasar tersebut banyak yang berjualan ketoprak. Bukan tidak pernah mencoba membeli di penjual yang lain, sudah pernah mencoba namun tetap beda.

Setiap kali ke pasar jika bapak penjual ketoprak itu sedang berjualan, aku pasti singgah untuk membelinya karena penjualnya sudah mulai jarang berjualan. Saat ditanya mengapa kadang tidak berjualan dalam waktu yang sangat lama, beliau menceritakan kondisi fisiknya yang sudah semakin menua dan sudah tidak kuat untuk menyiapakan dagangan dan berjualan sendirian, sementara keluarganya di kampong. Anak – anaknya sudah berumah tangga dan berprofesi lain. Kini aku sudah tidak bisa merasakan ketoprak yang enak itu lagi. Sudah lama aku berburu ke pasar sekedar ingin membeli ketoprak itu, namun hanya menemui gerobak ketoprak yang mangkal tanpa penjualnya. Sekian lama berburu, namun tak membuahkan hasil. Bapak penjual ketoprak…, kemana dirimu?



NUR 'AINI KOSIM
SDN KM 01 JAKARTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PETUNJUK PENGERJAAN SOAL UJIAN

Contoh Petunjuk Umum Pengerjaan SOAL UJIAN Sebelum mengerjakan soal  ujian, sebaiknya siswa membaca petunjuk pengerjaan soal ujian agar sela...